Home » Ragam » Manfaat Buah Timun Mas Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Timun Mas Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Timun Mas Untuk Ibu Hamil

Timun suri tergolong dalam kelompok labu-labuan. Buah ini banyak ditemukan di bulan Ramadan menjelang waktu berbuka puasa. Rasanya yang segar dan terasa adem bagi tubuh menjadi salah satu alasan popularitas timun suri. Buah ini juga baik dikonsumsi ibu saat hamil. Apa saja manfaat timun suri untuk ibu hamil?

Manfaat timun suri untuk ibu hamil

manfaat timun suri

Saat hamil tidak perlu ragu mengonsumsi buah segar yang satu ini. Timun suri menawarkan sejumlah manfaat untuk ibu dan bayi dalam kandungan seperti di bawah ini.

1. Menurunkan tekanan darah pada saat hamil

Dilansir
I


nternational Journal of Allied Medical Sciences and Clinical Research (IJAMSCR)

, penelitian terhadap 45 ibu hamil menunjukkan bahwa konsumsi timun suri dan cincau hijau efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Ini karena kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam timun suri dan cincau hijau. Mengonsumsi timun suri dapat mencegah


preeklampsia


yang merupakan komplikasi kehamilan yang cukup berbahaya.

Baca Juga :   Apa yang anda ketahui tentang konsumen

2. Mencegah penyakit berbahaya pada janin

Timun suri juga baik untuk ibu hamil karena kaya akan antioksidan. Antioksidan yang dimilikinya dapat berperan sebagai anti-HIV, anti-tumor, serta menjaga kesehatan hati.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi timun suri, bayi dalam kandungan dapat terhindar dari berbagai penularan penyakit yang berbahaya.

iii. Membantu perkembangan otak janin

Selain mencegah penyakit, manfaat timun suri untuk ibu hamil lainnya adalah dapat menutrisi otak. Kandungan mangan yang dimilikinya dapat membantu perkembangan otak si buah hati.

4. Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi timun suri dengan jumlah yang cukup juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan bayi.

Ini karena kandungan asam lemak tak jenuh, establish sterol, dan tocopherol yang dimilikinya yang berperan dalam meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

5. Mencegah diabetes

Diabetes gestasional atau kenaikan gula darah yang drastis saat hamil adalah penyakit yang perlu Anda waspadai.

Mengonsumsi timun suri yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membantu pemenuhan energi yang aman untuk penderita diabetes.

6. Membantu pertumbuhan tulang

Menurut penelitian di jurnal
Sumerianz Periodical of Biotechnology, timun suri kaya akan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang pada bayi di dalam kandungan.

Selain itu, kalsium pada timun suri juga bermanfaat untuk ibu hamil dalam mencegah tulang keropos. Kondisi ini banyak terjadi pada wanita yang semasa hamilnya mengalami kekurangan kalsium.

7. Menghaluskan kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk tulang, timun suri juga efektif untuk menghaluskan kulit. Ini karena kandungan flavonoid dan vitamin C nya yang dapat menutrisi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

eight. Mencegah dehidrasi

Saat hamil, Anda membutuhkan lebih banyak dari biasanya. Selain untuk mencegah ibu dari kekurangan cairan, air juga dibutuhkan untuk pertumbuhan janin.

Baca Juga :   Menggambar burung cendrawasih merupakan sebuah gambar yang termasuk ke dalam objek gambar

Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan untuk banyak minum air putih dan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air, salah satunya adalah timun suri.

9. Melancarkan pencernaan

Ibu hamil sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Dengan mengonsumsi timun suri hal ini dapat diatasi.

Kandungan air, serat dan vitamin C yang dimilikinya efektif untuk mengatasi susah buang air besar.

10. Mengatasi


morning time sickness


Morn sickness


atau mual dan muntah adalah kondisi yang seringkali ibu alami terutama di kehamilan trimester pertama. Dengan mengonsumsi buah-buahan kaya kalium seperti timun suri, hal ini dapat diatasi.

Hindari makan timun suri untuk ibu hamil secara berlebihan

ibu hamil sedang melakukan persiapan operasi caesar

Meskipun memiliki sejumlah manfaat, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi timun suri dalam jumlah yang berlebihan. Pasalnya, konsumsi yang berlebihan berisiko menyebabkan masalah kesehatan berikut ini.

1. Memicu buang air kecil

Mengutip Teri Nutrition Security, timun suri memiliki efek diuretik yaitu dapat memicu buang air kecil. Jika dibiarkan akan menyebabkan ibu kekurangan cairan.

2. Alergi pada kulit

Beberapa orang mungkin akan mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi timun suri seperti gatal dan kulit kemerahan.

3. Memicu buang gas berlebih

Selain memicu buang air kecil, makan timun suri yang berlebihan untuk ibu hamil juga menyebabkan gas berlebih dalam perut. Ini mengakibatkan Anda sering bersendawa dan buang gas.

4. Menyebabkan iritasi pada pencernaan

Serat dan vitamin C pada timun suri memang baik untuk pencernaan, tetapi jika dikonsumsi berlebihan justru dapat menyebabkan iritasi atau


Irritable bowel syndrome (IBS)

. Gejalanya meliputi perut mulas, diare atau sembelit.

[embed-community-viii]

Manfaat Buah Timun Mas Untuk Ibu Hamil

Source: https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/manfaat-timun-suri-untuk-ibu-hamil/