Home » Ragam » Manfaat Batang Tebu Bagi Manusia Adalah

Manfaat Batang Tebu Bagi Manusia Adalah

Manfaat Batang Tebu Bagi Manusia Adalah

WowKeren
– Tanaman tebu memang banyak di jumpai di Indonesia. Sampai-sampai banyak orang yang menjual es tebu di pinggir jalan. Meski murah meriah, tapi jangan menyepelekan tebu. Pasalnya, tebu memiliki banyak manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Tak hanya kesehatan tubuh, ternyata tebu juga baik untuk kecantikan kulit kita lho. Salah satu manfaatnya bahkan penting banget buat para wanita. Penasaran apa saja manfaat batang tebu? Dirangkum dari
Stylecraze, inilah manfaat tebu yang belum banyak diketahui orang.

1. Minuman Berenergi Hilangkan Dehidrasi

Salah satu khasiat tebu yang telah banyak diketahui adalah penghilang rasa dahaga dan dehidrasi. Karena kandungan gulanya yang manis, sari tebu sangat ampuh menghilangkan rasa haus kita disaat cuaca sedang terik-teriknya. Tak heran jika tebu sangat populer di negara-negara beriklim tropis.

Selain itu, air tebu juga bermanfaat sebagai minuman berenergi. Pasalnya, tebu memiliki kandungan gula alami yang disebut sukrosa yang bisa diserap cepat oleh tubuh. Karena itulah tebu juga dapat mengisi elektrolit yang hilang dengan cepat. Jadi saat kalian berolahraga cuaca panas, kalian bisa mengkonsumsi tebu sebagai minuman berenergi.

2. Baik Untuk Penderita Diabetes

Meskipun rasa tebu sangat manis, namun tanaman yang termasuk jenis rumput-rumputan ini masih bisa dikonsumsi untuk penderita diabetes. Pasalnya, air tebu memiliki indeks glikemiks rendah yang tak perlu dihindari.

Baca Juga :   Media promosi sebagai plakat yang dicetak pada kertas yang biasanya berukuran besar

Tebu sendiri memiliki kadar glikemiks rendah sehingga tidak akan membuat kadar gula tiba-tiba turun. Akan tetapi, lebih baik jika penderita diabetes berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum meminum tebu.

3. Pencegah Kanker

Manfaat tebu selanjutnya mungkin bisa mengejutkan kalian karena manfaatnya yang luar biasa. Selain sukrosa, ternyata tebu juga mengandung kandungan flavon yang baik. Kandungan itu disebut-sebut bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

Dari beberapa penelitian menyatakan bahwa air tebu bisa mengurangi penyebaran sel kanker. Tebu bahkan dinilai ampuh untuk pencegahan kanker yang sangat serius seperti kanker payudara dan kanker prostat.

4. Khasiat Antibiotik

Selain baik untuk mencegah kanker, air tebu juga mengandung khasiat antibiotik alami. Air tebu juga bersifat basa sehingga dapat menenangkan infeksi saluran kemih dan baik untuk fungsi ginjal.Tebu juga baik untuk sistem pencernaan dan mencegah infeksi perut karena mengandung potasium.

Air tebu bahkan bisa mempercepat pemulihan pada mereka yang menderita penyakit kuning dan membantu mengatur kadar bilirubin. Selain manfaat antibiotik, sari air tebu juga dapat melindungi hati dari kerusakan. Jadi manfaat tebu untuk kesehatan memang tak main-primary ya.

v. Sembuhkan Jerawat

Tebu tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga untuk kecantikan kulit kalian. Tebu ternyata juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit termasuk mengobati jerawat membandel di wajah cantikmu. Jadi buat kamu yang berjerawat, segera cari batang tebu deh.

Kalian hanya perlu membuat masker dari sari tebu. Campur multani mitti atau lumpur dalam air tebu lalu aduk higga menjadi cairan kental. Setelah siap, oleskan masker tersebut di wajah dan leher kalian. Biarkan hingga 20 menit lalu bersihkan dengan handuk basah. Kalian bisa menggunakannya untuk seminggu sekali.

Baca Juga :   Pembuatan slide presentasi bisnis yang baik ditunjukkan dengan nomor

6. Anti Aging

Manfaat selanjutnya bisa menjadi yang paling dicari oleh para wanita. Ternyata tebu juga bisa menjadi anti aging atau anti penuaan dini lho. Dengan teratur mengkonsumsi tebu, kalian nggak perlu khawatir tentang keriput yang biasa membuat wajahmu terlihat lebih tua.

Ternyata, tebu juga mengandung senyawa antioksidan, flavonoid dan fenolik yang lengkap untuk kesehatan kulitmu. Karena itulah sari tebu bisa menjadi pilihan untuk membuat kulit lebih bercahaya, lebut dan lembab agar terlihat awet muda.

7. Mencegah Bau Mulut dan Gigi Berlubang

Meskipun tebu sangat manis, tapi ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan mulutmu lho. Bau mulut memang sering menjadi masalah dan bikin kamu nggak pede bersosialisasi. Jadi buat kamu yang mengalami masalah itu, sering sering konsumsi air tebu ya.

Tebu memiliki kandungan mineral seperti fosfor, dan kalsium yang membantu memperbaiki enamel gigi. Sehingga tebu bisa mencegah gigi berlubang dan keropos. Dengan begitu, kalian akan terhindar dari bau mulut karena masalah itu.

Itulah beberapa manfaat air tebu yang belum banyak diketahui namun sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulitmu. Selain manfaat di atas, masih ada banyak manfaat tebu yang lain lho. Semoga tips ini dapat bermanfaat!

(wk/)

Manfaat Batang Tebu Bagi Manusia Adalah

Source: https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00162526.html