Home » Ragam » Bagaimana Nelayan Memanfaatkan Energi Angin Dalam Kehidupan Sehari Hari

Bagaimana Nelayan Memanfaatkan Energi Angin Dalam Kehidupan Sehari Hari

Bagaimana Nelayan Memanfaatkan Energi Angin Dalam Kehidupan Sehari Hari

11 Cara Menghemat Energi Termudah untuk Jaga Lingkungan dan Irit Biaya

Beberapa cara menghemat energi setidaknya perlu kamu terapkan agar energi tidak terbuang sia-sia dan membuatmu boros biaya. Berikut ini CekAja berikan contoh hal termudah yang bisa dilakukan pada kehidupan sehari-hari. Yuk, simak!

11 Cara Menghemat Energi Termudah untuk Jaga Lingkungan dan Irit Biaya

Semakin tahun, usia bumi semakin bertambah. Tingkat eksploitasi sumber daya alam dan energi pun meningkat seiring dengan bertambahnya populasi manusia dari tahun ke tahun.

Hal ini kemudian memicu perubahan iklim yang signifikan. Dimana jumlah gunung es di kutub terus berkurang dan mengakibatkan volume air laut bertambah, kemudian diikuti dengan kenaikan suhu bumi, efek rumah kaca, dan ketidakseimbangan kondisi lingkungan yang menyebabkan terjadinya berbagai bencana alam.

Untuk itu, sudah saatnya setiap manusia mengambil langkah penting untuk mengurangi percepatan perubahan iklim yang sudah mulai terlihat semakin ekstrem ini. Salah satunya dengan cara menghemat energi.

Cara menghemat energi bisa dilakukan mulai dari langkah kecil yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Tenang saja, cara-cara ini sangat mudah dan anti-ribet.

Selain mampu mengurangi energi yang digunakan alias tidak boros energi, kamu juga bisa memangkas biaya yang biasanya dikeluarkan untuk pos pengeluaran bulanan atau tagihan penggunaan energi. Seperti misalnya biaya listrik, tagihan air, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Gaya sebesar 50 N bekerja pada bidang sebesar 20 cm2 tekanan yang ditimbulkannya adalah

Berikut ini beberapa cara menghemat energi yang bisa dilakukan dengan mudah.

i. Matikan Peralatan Elektronik dan Lampu Tak Terpakai


Cara menghemat energi termudah yang pertama adalah mematikan peralatan elektronik dan lampu yang tidak sedang dipakai.

Sebagian dari kita seringkali membiarkan TV menyala meskipun tidak ada yang menonton, tetap menyalakan kipas angin atau AC saat pergi ke luar rumah, dan kerap lupa mematikan lampu di siang hari.

Agar tagihan listrik tidak membengkak, sebaiknya kamu mulai membiasakan diri untuk lebih jeli mematikan peralatan elektronik dan lampu yang memang tidak dipakai, di rumah maupun tempat kerja.

2. Cabut Colokan Listrik yang Tidak Digunakan


Selain mematikan peralatan elektronik dan lampu, cara menghemat energi juga bisa dilakukan dengan mencabut colokan listrik yang menancap pada stop kontak.

Sebab, colokan yang menancap meskipun tidak disalurkan pada peralatan elektronik yang terpakai tetap menghantarkan listrik. Hal inilah yang membuat kita masuk ke dalam kategori boros listrik.

Jika kebiasaan ini dirubah, tentu bukan hanya tagihan listrik saja yang berkurang, tetapi jumlah pasokan listrik juga bisa ditekan. Jadi, lebih banyak masyarakat yang dapat menggunakan listrik di negeri kita ini.

(Baca Juga: Ini Cara Dapat Diskon Listrik Periode September 2021)

three. Pilih Barang Elektronik yang Ramah Lingkungan


Untuk menjaga lingkungan, kamu juga sebaiknya memilih peralatan elektronik yang ramah lingkungan. Misalnya produk-produk yang rendah daya (low watt) dan memiliki teknologi pengatur penggunaan daya otomatis, serta Ac yang menggunakan freon ramah lingkungan.

Cara menghemat energi cukup efektif mengirit penggunaan listrik. Tagihan pun dijamin tidak akan membengkak.

4. Gunakan Lampu Hemat Energi


Sedangkan untuk lampu, pilihlah lampu hemat energi. Teknologi lampu hemat energi sangat bermanfaat untuk mengirit penggunaan listrik. Di sisi lain, cahaya yang dihasilkan lampu hemat energi cenderung lebih terang dan awet digunakan hingga lebih dari one tahun.

five. Atur Desain Rumah dengan Pencahayaan Alami


Bagi kamu yang sedang membangun atau merenovasi rumah, ada baiknya jika mempertimbangkan desain rumah yang memiliki cukup ventilasi dan penempatan posisi sekat tembok yang dijadikan lorong. Sehingga rumah bisa mendapatkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik.

Baca Juga :   Berikut ini merupakan cara mengawetkan tanah dengan menggunakan metode vegetatif, kecuali ....

Dengan begitu, kamu tidak perlu menggunakan banyak kipas angin atau Ac, maupun lampu sebagai penerang.

six. Pakai Air Secukupnya


cara menghemat energi yang sederhana lainnya adalah memakai air secukupnya. Misalnya mandi dengan air pancuran (shower) daripada memilih mandi menggunakan air dalam bak yang diambil dengan gayung, dan ambil air minum secukupnya tanpa membuang-buang sisa air minum yang kamu miliki.

Penggunaan air tanah secara berlebihan dapat menurunkan kualitas tanah, sehingga mempengaruhi ketinggian permukaan daratan. Oleh karena itu di era perubahan iklim ini, sudah sepatutnya kita menerapkan gaya hidup hemat air.

7. Buat Jadwal Mencuci Piring Dan Pakaian


Selain saat mandi dan minum, kamu juga bisa menghemat air dengan cara membuat jadwal mencuci piring dan pakaian. Dengan begitu, dalam satu waktu, kamu bisa menggunakan air untuk jumlah pakaian atau peralatan makan kotor yang banyak, daripada mencuci sedikit demi sedikit namun sering.

Atur waktu mencuci pakaian dua kali dalam seminggu, dan mencuci piring dua kali dalam sehari (pagi dan malam hari).

(Baca Juga: Listing Pinjaman Uang 25 Juta dari Bank untuk Modal Bisnis)

8. Atur Waktu Pengoperasian Air conditioning


Pendingin ruangan atau AC memiliki teknologi yang memungkinkanmu untuk menerapkan cara menghemat energi, yakni teknologi Timer pengatur waktu operasi AC. Jadi, kamu bisa mengatur waktu AC menyala maupun waktu saat ingin dimatikan.

Selain itu, pengaktifan fashion “Dry” pada suhu di bawah 25 derajat celcius atau temperature yang kamu inginkan, juga dapat menghemat penggunaan listrik.

Namun perlu diperhatikan, manner ini membuat kualitas udara terasa kering meskipun tetap terasa dingin. Jadi, kamu tidak disarankan untuk berlama-lama menggunakan mode Dry out ini agar kulit tidak kering.

nine. Tidak Mengisi Daya Baterai Terlalu Lama


Sebagian besar orang pasti memilih waktu malam hari untuk mengisi daya baterai handphone, gadget, atau peralatan elektronik dengan baterai lainnya. Waktu pengecasan ini kemudian dibiarkan dalam waktu yang lama, bahkan hingga keesokan pagi harinya.

Kebiasaan ini sebaiknya kamu ubah sebagai salah satu cara menghemat energi. Selain membuat boros listrik, baterai yang diisi dayanya semalaman bisa rusak secara perlahan. Akibatnya, perangkat yang digunakan pun bakal ikut rusak meskipun baru sebentar digunakan.

Baca Juga :   Penulisan himpunan a = 10 20 30 titik-titik 90 dengan menggunakan kata-kata adalah

10. Gunakan Transportasi Umum


Cara menghemat energi selanjutnya adalah dengan menggunakan transportasi umum, agar lebih irit bahan bakar minyak (BBM). Seperti yang kita ketahui, BBM yang saat ini kita gunakan adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, sehingga penggunaannya harus dihemat sebisa mungkin.

Selain itu, dengan menggunakan transportasi umum, kita juga dapat mengurangi potensi terjadinya kemacetan. Sehingga mobilitas kemana saja tidak akan memakan waktu yang lama.

xi. Mulai Gunakan Energi Terbarukan


Terakhir, kamu juga bisa memulai gerakan untuk menggunakan energi terbarukan dalam kehidupan sehari-hari. Yang dimaksud energi terbarukan adalah sumber energi dari alam yang tidak akan habis karena proses alam berkelanjutan. Seperti sinar matahari, angin, ombak, dan air.

Misalnya menggunakan panel surya yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber listrik di rumah, atau sebagai penghantar panas pada air mandi.

Tidak sedikit pula orang yang memanfaatkan kotoran hewan ternak atau kotoran manusia yang ditampung dalam septic tank khusus untuk dikonversikan menjadi gas alami yang digunakan untuk memasak (pengganti gas elpiji).

Itu dia beberapa cara menghemat energi sederhana yang mudah dilakukan. Jika hal-hal tersebut dilakukan secara konsisten dan menjadi kebiasaan, maka sumber energi pun akan dapat dinikmati dalam waktu yang lebih lama lagi.

Yuk, mulai gaya hidup zero waste yang ramah lingkungan dengan membeli berbagai peralatan penunjang, mulai dari tote purse, tas belanja reusable, menstrual loving cup, dan lainnya menggunakan kartu kredit yang bisa diajukan di CekAja.com.

Kami akan membantumu memilih produk kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan profil finansial. Jika kamu tertarik mengajukan, cukup isi formulir pengajuan online dan lengkapi beberapa dokumen yang disyaratkan.

Dengan memiliki kartu kredit, segala transaksi jadi lebih mudah. Kamu juga bisa menikmati cicilan 0 persen serta promo menarik di banyak merchant rekanan.

Tunggu apa lagi? Ayo segera bandingkan dan ajukan kartu kredit hanya lewat CekAja.com!

Bagaimana Nelayan Memanfaatkan Energi Angin Dalam Kehidupan Sehari Hari

Source: https://www.cekaja.com/info/cara-menghemat-energi