Home » Ragam » Apa Kegunaan Dari Tes Lari Jarak Menengah

Apa Kegunaan Dari Tes Lari Jarak Menengah

Apa Kegunaan Dari Tes Lari Jarak Menengah

Kamu pasti sudah cukup sering mendengar betapa pentingnya berolahraga bagi kesehatan tubuh. Selain itu, olahraga juga mampu menghindarkan kamu dari berbagai jenis penyakit. Namun apakah kamu masih tetap malas untuk berolahraga? Jika jawabanmu ‘iya’, berarti kamu belum menemukan jenis olahraga yang pas dengan apa yang kamu inginkan.

Sebenarnya olahraga sendiri ada sangat banyak jenisnya. Jika kamu malas untuk melakukan olahraga berat dan membutuhkan banyak peralatan seperti sepak bola dan bola basket, kamu bisa melakukan olahraga yang cenderung ringan dan tidak sulit untuk dilakukan. Contohnya adalah renang dan lari.

Olahraga lari juga masih dibagi lagi ke dalam beberapa nomor. Sebut saja lari sprint, estafet, lari jarak jauh, sampai lari jarak menengah. Nah, kali ini BukaReview akan membahas tentang olahraga lari jarak menengah. Tentang pengertian dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan olahraga ini. Penasaran? Simak penuturannya di sini.

Pengertian lari jarak menengah

olahraga lari jarak menengah
Jarak tempuh lari jarak menengah biasanya 800m sampai 1500m.  (foto: Shutterstock)

Lari jarak menengah adalah aktivitas olahraga yang dilakukan dengan cara berlari pada jarak tempuh 800m sampai 1500m. Olahraga ini mengharuskan kamu untuk mengatur kecepatan, stamina, serta nafas pada saat berlari. Lari jarak menengah bukan hanya mengandalkan kecepatan berlari, melainkan diperlukan juga stamina yang kuat, serta pernafasan yang baik.

Lari jarak menengah sedikit berbeda dengan lari jarak pendek. Tetapi pada garis besarnya perbedaan itu terutama pada cara kaki menapak. Pada lari jarak menengah, kaki menapak pada ujung kaki-tumit dan menolak dengan ujung kaki, sedangkan pada lari jarak pendek, menapak dengan ujung kaki-ujung kaki, tumit sedikit sekali menyentuh tanah. Di samping itu, lari jarak menengah dilakukan dengan gerakan-gerakan lebih ekonomis untuk menghemat tenaga.

Baca Juga :   Tuliskan tiga cara membawa Turbo yang biasa digunakan pelempar saat melakukan awalan

Baca juga: 8 Merek Sepatu Lari Murah

[blproducts title=”Sepatu lari keren untuk kamu olahraga” ids=”o05faj,mylvoa,10hevrj,1p47gf7″]

Manfaat lari jarak menengah

Melatih pernafasan

olahraga lari jarak menengah
Lari jarak menengah membutuhkan pernafasan yang baik.  (foto: Shutterstock)

Olahraga lari merupakan jenis olahraga atletik yang juga diperlombakan di berbagai
event
olahraga nasional maupun internasional. Lari menengah juga menjadi salah satu bagian dalam cabang atletik. Selain digunakan sebagai olahraga profesional, lari menengah juga mulai banyak digunakan oleh orang sebagai salah satu bentuk olahraga rutin. Lari dengan jarak yang cukup jauh dan konsisten tersebut tentu membutuhkan pengaturan nafas yang baik sehingga salah satu manfaat dari lari menengah adalah membantu melatih pengaturan nafas.

[blproducts title=”Cek harga celana lari murah” ids=”eyphl8,1629hjc,jw084m,jul1yz”]

Menurunkan berat badan

Menerunkan bobot tubuh
Lari jrarak menengah dipercaya mampu membakar cukup banyak kalori.  (foto: Shutterstock)

Beberapa orang yang memiliki bobot atau berat tubuh berlebihan tentu akan menyadari dan mencari cara agar dapat menurunkan bobotnya. Selain melalui pengaturan pola makan, aktivitas olahraga yang rutin juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Salah satu bentuk aktivitas olahraga yang banyak dilakukan oleh mereka yang sedang menjalani diet adalah olahraga lari jarak menengah. Dengan demikian, salah satu manfaat lari jarak menengah tersebut adalah membantu dalam mengurangi berat badan karena dalam lari akan banyak kalori yang terbuang.

Baca juga: Lari di Treadmill Versus Lari di Jalan, Mana yang Lebih Baik?

[blproducts title=”Yuk, langsung beli baju lari di sini” ids=”jdnc2h,10avzbl,ls14k3,7nsr51″]

Melancarkan aliran darah

Menerunkan bobot tubuh
Lari jarak menengah mampu membuat aliran darah lebih lancar. (foto: Shutterstock)

Lari jarak menengah mungkin memang akan cukup melelahkan terutama bagi para pemula yang baru pertama kali merasaknnya. Agar kondisi tubuh tidak bermasalah saat lari maka sebaiknya perhatikan jarak tempuh yang harus diselesaikan agar menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Jarak tempuh dapat meningkat secara bertahap. Salah satu manfaat lain dari aktivtias lari jarak menengah adalah membantu memperlancar aliran darah. Dengan lancarnya aliran darah maka tubuh akan berproses secara normal dan lebih baik lagi.

Baca Juga :   Perhatikan tabel kepadatan penduduk benua eropa berdasarkan data pada tabel tersebut adalah

[blproducts title=”Pake headset ini biar larinya makin enak” ids=”da13j8,q7d94x,13r5ic3,15nsk5t”]

Mencegah stress

Menerunkan bobot tubuh
Olahraga ini mampu memberikan energi positif. (foto: Shutterstock)

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari olahraga lari jarak menengah adalah dapat membantu mencegah stres dan depresi. Kondisi stres dan depresi memang banyak terjadi di masyarakat perkotaan yang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah pribadi, aktivitas fisik yang terlalu berat, hingga beban kerja yang terlalu banyak, dan beberapa hal lainnya. Berlari jarak menengah akan membantu memberikan hal positif bagi otak dan membantu menyegarkan tubuh sehingga beban pikiran menjadi lebih ringan.

Baca juga: ten Pilihan Sepatu Lari Terbaik untuk Resolusi Olahraga Tahun 2019

Itu dia sedikit penjelasan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan olahraga lari jarak menengah. Selamat mencoba!

Apa Kegunaan Dari Tes Lari Jarak Menengah

Source: https://review.bukalapak.com/sports/lari-jarak-menengah-109190