Propellerads

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin 2016

In PMB Kampus, Uncategorized
Propellerads
PMB UIN Alauddin 2016- SNMPTN UIN Alauddin 2016- SBMPTN UIN Alauddin 2016- SPAN-PTKIN UIN Alauddin 2016- UM-PTKIN UIN Alauddin 2016- Bidik misi UIN Alauddin  2016- Seleksi Mandiri UIN Alauddin 2016- Pendidikan islami menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat Indonesia yang ingin menyeimbangkan pendidikan agama dan ilmu dunia. Saat ini sudah banyak berdiri universitas islam negeri sebagai jawaban kebutuhan masyarakat. Salah satu UIN yang ada di Indonesia akan admin bahas dibawah ini. Simak profilnya berikut ini:
Logo UIN Alaudin (source: thegreen-hijau.blogspot.com)
UIN Alauddin mempunyai dua kampus, yaitu di Jl. Sultan Alauddin No.63 Makassar ( Kampus I ), Jl. Sultan Alauddin N0. 36 Samata Kab. Gowa ( Kampus 2 ), Sulawesi Selatan. Nama Alauddin diambil dari nama raja Kesultanan Gowa yang pertama memeluk Islam dan menerima agama Islam sebagai agama kerajaan. Universitas ini pertama kali berdiri tahun 1962 dengan nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar. IAIN Alauddin Makassar pada saat itu  berstatus Fakultas Cabang dari IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemudian, dengan mempertimbangkan dukungan dan hasrat yang besar dari rakyat dan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan terhadap pendidikan dan pengajaran agama Islam tingkat Universitas, maka melalui Peraturan Presiden Nomor 27 tahun 1963 yang diantara menyatakan bahwa dengan sekurang-kurangnya tiga jenis fakultas IAIN dapat digabung menjadi satu institut tersendiri .
Beberapa jalur masuk yang dapat dilalui untuk masuk kesana adalah:
1.Jalur Masuk SNMPTN UIN Alauddin 2016
SNMPTN (seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan jalur seleksi mahasiswa baru berskala nasional. Jalur ini diperuntukkan untuk siswa berprestasi di sekolah berdasarkan pada nilai raport dan prestasi lainnya. Pasalnya penilaian tes ini menggunakan penilain hasil akademik siswa bukan tes tertulis. Cara pendaftaran dimulai oleh sekolah dengan mengisi data-data siswa ke PDSS. Kemudian siswa akan mendapatkan user name dan password untuk melakukan verifikasi data dan melakukan pendaftaran online melalui www.snmptn.ac.id. Biaya SNMPTN ini ditanggung oleh pemerintah.
2. Jalur masuk SBMPTN UIN Alauddin 2016
SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan jalur seleksi berskala nasional seperti SNMPTN. Seleksi SBMPTN menggunakan penilaian berdasarkan pada hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan (ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa program studi seni dan olahraga). Soal yang diujikan berasal dari pemerintah dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari UN. Biaya tes ditanggung oleh masing-masing peserta, kecuali bagi pelamar beasiswa Bidik misi akan ditanggung pemerintah. Info pendaftaran dan persyaratan lainnya dapat dilihat melalui situs resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.or.id.
3. Jalur Masuk SPAN-PTKIN UIN Alauddin 2016
Di UIN ada jalur yang mirip SNMPTN, yaitu SPAN-PTKIN. Perbedaannya adalah SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional yang khusus untuk menyeleksi calon mahasiswa yang akan masuk ke Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia. Biaya pendaftaran gratis karena sudah ditanggung oleh pemerintah. Pendaftaran dan info lainnya dapat diakses melalui laman www.span-ptkin.ac.id.
4. Jalur Masuk UM-PTKIN UIN Alauddin 2016
Ada juga jalur yang mirip SBMPTN, yaitu jalur UM-PTKIN. UM-PTKIN dikhususkan untuk mereka yang ingin mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri Islam dengan melalui tes tertulis. Biaya pendaftaran dibebankan kepada calon mahasiswa. Info mengenai pendaftaran dan persyaratan yang harus dipenuhi  dapat dilihat melaui laman www.um-ptkin.ac.id.
5. Jalur masuk Bidik misi UIN Alauddin  2016
UIN Alauddin termasuk kedalam PTN yang menerima mahasiswa bidik misi. Beasiswa merupakan biaya bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik. Penerima bidik misi harus lolos seleksi masuk SNMPTN atau SBMPTN sebelum diseleksi lolos tidaknya menerima beasiswa. Persyaratan dan ketentuan lainnya dapat dilihat di laman bidikmisi.dikti.go.id.
6. Jalur Masuk  Seleksi Mandiri UIN Alauddin 2016
Seperti halnya seleski mandiri di PTN lainnya, seleksi dikelola langsung oleh panitia dari universitas, dalam hal ini UIN Suska. Soal dan penilaian hasil ujian merupakan kewenangan dari UIN Alauddin. Tujuannya diadakan jalur ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UIN Suska namun gagal lolos dalam selesksi sebelumnya. Info lebih lanjut dapat diakses di www.pmb.uin-suska.ac.id
Demikianlah Informasi mengenai profil dan jalur masuk Universitas Islam Negeri Alauddin. Jangan lupa kunjungi situs resminya di http://www.uin-alauddin.ac.id untuk mendapatkan info lainnya
Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin 2016"

    Must read×

    Top