Propellerads

Mau jadi ENTERPRENEUR Plus Penghafal AlQuran? Ini Dia Tipsnya!

Propellerads
KEPQ– Kampus Enterpreneurship Penghafal Qur’an Nurul Hayat. Sebuah kampus penghafal qur’an yang bekerjasama dengan LP3I untuk mencetak para profesional muda dan enterpreneur. Pendidikan yang ditempuh selama satu setengah tahun dengan output langsung kerja serta memiliki hafalan minimal 10 juz. Disamping itu, kita juga ditempa untuk menjadi pribadi disiplin dan karakter yang matang.
Foto seminar  KEPQ (source:www.nurulhayat.org)
KEPQ NH memiliki program yang begitu luar biasa. Satu pekan awal masuk kita langsung dikirim ke pusat pendidikan marinir untuk pembentukan karakter. Setelah satu pekan usai, kita masih diberi pelatihan selama dua pekan mengenai 5R, metode menghafal qur’an, tahsin Alqur’an, dan sertifikasi mengajar Alqur’an. Setelah itu barulah kita masuk ke sepuluh pekan tahfidzul qur’an. Yangmana dalam jangka waktu tersebut kita sudah harus bisa menghafal paling tidak enam juz. Kalau disetarakan dengan sekolah tinggi pada umumnya, inilah ospek bagi mahasiswa – mahasiswi KEPQ Nurul Hayat. Amat luar biasa bukan ? ☺

Kegiatan menghafal sepuluh pekan dilangsungkan sejak pagi hingga sore hari. Setiap satu kali tatap muka berdurasi 100 menit. Dalam satu hari ada empat kali tatap muka. 100 menit setelah subuh, 200 menit mulai pukul 07.30 WIB sampai menjelang dhuhur, dan 100 menit terakhir setelah ashar. Target dalam sehari yakni minimal tiga halaman hafalan baru dan lima halaman muroja’ah ( mengulang ). Satu pekan itu bukan berarti full dari senin sampai ahad, melainkan mulai hari Senin sampai Jum’at siang. Untuk Jum’at sore digunakan untuk menyetorkan semua hafalan baru yang diperoleh selama satu pekan, atau biasa disebut ijma’. Hari Sabtunya, ada kegiatan musabaqah hifdzil qur’an. Yakni lomba hafalan yang wajib diikuti seluruh mahasiswa dan mahasiswi secara bergiliran di setiap pekannya. MHQ bukanlah kegiatan yang ditunggu- tunggu oleh sebagian besar mahasiswa/i, karena layaknya duduk di kursi panas, kita akan diuji tingkat kelancaran hafalan selama sepekan dihadapan teman – teman. Kalau saja bisa meraih kemenangan, ada rasa kepuasan yang pasti menyelimuti hati.

Kedisiplinan, kebersihan, kerapian, merupakan hal yang amat ditekankan dalam keseharian. Pagi hari dimulai dengan apel, malam hari sebelum tidur pun juga ditutup dengan kegiatan apel. Barang yang terletak bukan pada tempatnya bisa menjadi barang sitaan yang jika ingin mengambil harus menjalani hukuman terlebih dahulu, dan itu juga dicatat dalam laporan pelanggaran. Di atas kasur hanya boleh ada bantal, selimut, dan mukena. Selain itu harus masuk ke lemari pakaian atau loker. Dalam hal mencuci pakaian pun kita tak bisa sembarang waktu mencuci. Ada jadwal kelompok yang membuat kita harus menanti jadwal jika ingin mencuci pakaian. Pintar – pintar kita membagi waktu dan peka terhadap kesempatan.

Oh ya, konsentrasi di KEPQ Nurul hayat hanya ada satu yakni office manajemen. Saat kelak lulus kita akan mengantongi sertifikat diploma 2, yang bisa digunakan untuk melamar kerja ataupun mnelanjutkan kuliah. Namun disamping itu juga ada konsentrasi enterpreneur. Tapi tidak semua orang bisa masuk. Hanya dipilih sepuluh orang yang memenuhi kriteria. Mereka ini akan dibimbing menjadi pengusaha mulai dari nol sampai berhasil. Untuk yang diluar konsentrasi enterpreneur bukan berarti hanya bisa menjadi karyawan, kita tetap dibekali ilmu enterpreneur untuk menapak langkah berikutnya. Jadi tenang saja, kawan !

Untuk menjadi mahasiswa / mahasiswi KEPQ tak perlu ribet mengikuti tes seribet masuk sekolah tinggi lainnya. Tak perlu pula memikirkan biaya formulir yang terbuang jika tidak diterima. Cukup bermodalkan niat dan usaha insyaAllah pasti bisa. Untuk awal masuk hanya ada tes iq, wawancara, dan tahsin Alquran. Jika tiga step itu terlampaui, anda resmi menjadi mahasiswa / mahasiswi KEPQ. Kuliah satu setengah tahun di KEPQ juga tak perlu memikirkan biaya. Beasiswa full akan kita peroleh. Uang saku pun perbulannya Rp 300.000,-. Cukup dengan tidak melanggar aturan dan memenuhi target mingguan kita bisa memperoleh uang prestasi tersebut. Belum lagi jika ada kegiatan yang sifatnya kompetitif, bisa jadi akan ada uang tambahan yang masuk ke kantong kita.
Sebenernya masih banyak lagi keistimewaan di kampus ini yang nggak bisa kalian dapetin di kampus manapun. Intinya, nggak perlu minder cuma dapet gelar D2, kalau pada kenyataannya kita lebih terampil daripada lulusan S1. Nggak perlu gengsi kalau sesekali disebut anak pondokan, toh kita calon profesional muda yang akan mendobrak dunia dengan karakter yang matang. InsyaAllah mulia di mata Sang Pencipta dan istimewa di mata masyarakat. KEPQ IS THE REAL CHOOSE.

                                                   BIODATA PENULIS
NAMA          : ZHIVNA AFNIZA
TTL               : SURABAYA, 7 MEI 1998
ALAMAT      : TAMAN WISMA MEDOKAN AYU E 2, SURABAYA
STATUS        : MAHASISWI KEPQ NURUL HAYAT SURABAYA
EMAIL          : Zhivna.Afniza@gmail.com
Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "Mau jadi ENTERPRENEUR Plus Penghafal AlQuran? Ini Dia Tipsnya!"

    Must read×

    Top