Propellerads

Liburan Produktif di Festival Literasi KGLC

Propellerads
Liburan Produktif – Karung Goni Learning Center atau yang lebih dikenal dengan Omah Baca Karung Goni adalah sebuah perpustakaan komunitas yang memiliki fokus kegiatan pada layanan perpustakaan, pendidikan non formal, dan pemberdayaan pemuda. Pada tahun 2015 kemarin, KGLC terpilih sebagai royek sosial terbaik di Young Leaders for Indonesia didukung oleh McKinsey&Company dan telah dikunjungi oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat serta Perhimpunan Pelajar Indonesia di NTU Singapura.

Komunitas Omah Baca Karung Goni
Minggu, 24 Januari 2016 telah diadakan Festival Literasi dengan tema “ Semangat Budaya Literasi dan Kreatifitas KGLC”. Meskipun waktunya liburan, sejak Pkl 06.30 WIB di depan halaman KGLC telah hadir anak-anak dari penjuru RT 01 sampai RT 06 Dusun Ngemplak, Caturharjo, Sleman. Suasana pun semakin ramai dengan banyaknya tamu yang hadir, mulai dari berbagai komunitas di Yogyakarta serta para relawan yang berasal dari beberapa kampus seperti UNY, UGM, UIN, UMY, dan UII STIEBANK. Tepat Pkl 07.15 WIB, jalan sehat pun dibuka oleh Dimas Amri, dari Ikatan Dimas Diajeng Sleman. Selanjutnya, para peserta mengikuti acara pembukaan di rumah Pak Hardoko, kepala dukuh Ngemplak. Pembukaan Festival Literasi disampaikan oleh Yande Sutawan, ketua panitia Festival Literasi 2016 dan dilanjutkan acara pengenalan KGLC oleh Janu Muhammad, inisiator KGLC yang pada tahun 2015 terpilih sebagai Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Festival Literasi ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat literasi serta budaya baca dalam diri anak-anak dan juga kaum muda, melalui rangkaian kegiatan lomba mewarnai, lomba menulis cerita pengalaman di perpustakaan, pemilihan duta baca KGLC, talkshow dengan duta bahasa DIY, serta temu komunitas. Pada acara temu komunitas, turut hadir Bapak Muhsin Kalida dan Ibu Heny dari Forum Taman Bacaan Masyarakat DIY yang berbagi inspirasi serta pengalaman dalam menggelorakan gerakan literasi di masyarakat. Turut hadir berbagai komunitas seperti : Ikatan Dimas Diajeng Sleman dan Kota Yogyakarta, Duta Bahasa DIY, Sahabat Beasiswa Yogyakarta, Hilo Green Community Yogyakarta, Go Pangan Lokal, Inspirator Indonesia, Kelas Inspirasi Yogyakarta, Akademi Berbagi, Indonesia Youth Dream, Save Street Jogja, CES Jogja, IPMMY Sulbar, Taman Bacaa Guyub Rukun, Komunitas Peduli Pendidikan dan lain sebagainya. Dari pertemuan komunitas ini diharapkan akan menjadi relasi baru untuk mendukung program rutin yang diadakan KGLC.

Tampak keceriaan anak-anak ketika mengikuti berbagai lomba, terlebih ketika mengikuti pemilihan Duta Baca KGLC. Melalui talkshow “Dengan Membaca, Aku Bisa Berprestasi”, anak-anak terinspirasi dari para Duta Bahasa DIY dan Dimas Diajeng yang telah mengukir prestasi gemilang berawal dari budaya literasi ilmu. Kegiatan Festival Literasi ini terselenggara berkat dukungan Ikatan Remaja Ngemplak, para relawan KGLC, serta berbagai pihak yang selama ini telah mendukung KGLC agar terus berkembang. KGLC yang berdiri pada tanggal 19 Januari 2014 ini semoga semakin memberikan manfaat bagi lingkungan Dusun Ngemplak khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam upaya mengajak masyarakat untuk giat membaca serta memberi kesadaran akan pentingnya pendidikan.

JENDELA PENULIS

Janu Muhammad (Inisiator Karung Goni Learning Center)
Nama: Janu Muhammad ; 
Seorang inisiator Karung Goni Learning Center 
Email:  janu.muhammad2@gmail.com
Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "Liburan Produktif di Festival Literasi KGLC"

    Must read×

    Top