Propellerads

Kelebihan dan Kekurangan Melamar Beasiswa Online dan Offline

Propellerads
Cara mendaftar beasiswa online dan offline – Halo, Sahabat Pendidikan Indonesia? Masih semangat untuk berburu beasiswa? Wajib dong! Kalau gak semangat, mau kapan kuliahnya?
Cara daftar beasiswa online dan offline
Setelah melihat beberapa komentar di fanspage Facebook Pendidikan Indonesia, ternyata masih banyak diantara kamu yang masih kebingungan bagaimana cara mendaftar beasiswa. Maka dari itu, sekarang Pendidikan Indonesia akan membahas mengenai pendaftaran beasiswa secara online dan offline.

Cara mendaftar beasiswa secara online:

Kita bahas dulu, cara mendaftar beasiswa secara online. Sesuai dengan namanya, pendaftaran beasiswa secara online berarti mengirim seluruh berkas atau dokumen aplikasi melalui website universitas atau email. Biasanya beberapa dokumen tersebut harus di scan terlebih dahulu baru kirimkan dalam bentuk soft copy. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Ini dia!

Kelebihan pendaftaran online:

1. Pengajuan aplikasi tepat waktu
2. Menawarkan kepraktisan
3. Dapat dipantau secara online
4. Hemat biaya (relatif)
5. Meminimalisir aplikasi tidak sampai

Baca Juga:  BEASISWA UNGGULAN MASYARAKAT BERPRESTASI S1, S2, DAN S3 KEMDIKBUD RI 2016 (FULL GRATIS)

Kekurangan pendaftaran online:

1. Rawan error (terutama jika server down)
2. Ukuran aplikasi dibatasi
3. Butuh ketelitian tinggi saat input data
4. Jadi masalah bagi yang kurang paham internet
5. Menghambat bila tak tersedia jaringan internet
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengisi formulir aplikasi secara online di website masing-masing universitas. Ada yang bisa langsung diisi tanpa harus login, ada juga yang mengharuskan kita daftar akun terlebih dahulu(dengan mengajukan username maupun password), lalu login, baru setelah itu mengisi formulir.
Jika pihak dari beasiswa menginginkan untuk memasukan beberapa dokumen untuk dikirimkan dalam bentuk soft copy, maka seperti yang telah dibahas di atas, dokumen harus di scan atau diubah menjadi bentuk PDF, word, JPG, dll. Kemudia kirimkan melalui email yang disediakan.
Yang perlu diperhatikan dalam mendaftar beasiswa secara online, adalah akses dan kecepatan internet yang digunakan. Jangan sampai terputus ketika pengiriman berkas tengah berjalan. Kemudian batasan ukuran maksimum dokumen aplikas, bila memang diatur. Misalnya tiap dokumen maksimum 5 MB, dan seterusnya. Pastikan bahwa ukuran tersebut sudah sesuai, dengan cara melihat file tersebut di layar komputer. Bisa dengan langsung mengarahkan kursor pada masing-masing dokumen, setelah itu akan muncul ukuran file nya. Atau dengan mengklik kanan file tersebut, lalu klik properties.

Cara mendaftar beasiswa secara offline:

Beberapa beasiswa masih memberlakukan sistem yang satu ini. Cara offline ini dilakukan secara manual, yaitu dengan mengirimkan seluruh dokumen aplikasi yang berbentuk hard copy melalui pos atau diantar secara langsung ke alamat tujuan.

Kelebihan pendaftaran offline:

1. Mudah dikroscek
2. Mudah diperbaiki
3. Mudah diajukan bagi yang kurang paham internet
4. Berkas secara fisik (hard copy)
5. Aturan aplikasi sederhana

Baca Juga:  Beasiswa BCA Finance Peduli 2016

Kekurangan pendaftaran offline:

1. Aplikasi rawan tidak sampai tepat waktu
2. Memakan biaya pengiriman
3. Sulit dipantau
4. Jadi kendala bila tak tersedia jasa pengiriman
5. Kurang praktis 
Cara offline ini memang terbilang sederhana dan seperti kelebihannya yang telah disebutkan di atas, kita harus lebih teliti untuk mengecek seluruh dokumen sebelum dikirimkan. Adapun mengenai kekurangannya, kita harus antisipasi, dengan cara mengirimkan dokumen aplikasi jauh-jauh hari sebelum deadline. Supaya dokumen bisa sampai tepat waktu. Untuk biaya, memang harus kita tanggung sendiri, apalagi jika penyedia beasiswa berada di luar negeri yang memang membutuhkan banyak biaya. So, persiapkan semuanya dengan matang.
Ketentuan sistem pendaftaran beasiswa ini menjadi kebijakan penyedia beasiswa. Kita hanya bisa mengikuti aturan yang telah diberikan. Keduanya membutuhkan ketelitian sebelum benar-benar dikirimkan. Kuncinya adalah persiapkan jauh-jauh hari sebelum deadline, supaya kita bisa mengecek dan mengoreksi kembali kesalahan-kesalahan atau kekurangan-kekurangan.
Selamat berjuang!
Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "Kelebihan dan Kekurangan Melamar Beasiswa Online dan Offline"

    Must read×

    Top