Propellerads

IPB Ciptakan Beras Sintetis Bergizi dan Aman Dikonsumsi

Propellerads
IPB Ciptakan Beras Sintetis Bergizi– Hari ini Indonesia sedang dihebohkan dengan pemberitaan tentang maranya beras sintetis yang berasal dari bahan plastik yang diproduksi oleh negara china. Dengan adanya berita tersebut, masyarakat menjadi resah dan takut dengan beredarnya beras sintetis itu.
Bukan hanya produsen china yang membuat beras sintetis. Institut Pertanian Bogor (IPB) juga pernah membuat beras sintetis, dalam dunia penelitian biasa disebut dengan beras analog. Beras sintetis tersebut merupakan salah sau produk diverifikasi pangan, tujuannya untuk mengurangi kebergantungan konsumsi beras dan tepung terigu.
Menurut Guru Besar Ilmu Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Fransiska Rungkat Zakaria, mengatakan bahwa beras analog tersebut masih berbahan dasar alami. Beras analog menggunakan bahan dasar singkong, tepung sagu, janggung, umbi-umbian, dan beberapa sumber karbohidrat lain.
“Jika dibandingkan beras padi, sumber karbohidrat dan gizi yang terkandung di dalam beras analog tidak jauh berbeda,” ungkap Fansiska.
Foto Beras
Lebih lanjut Guru Besar Ilmu Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB menerangkan, bahan baku yang digunakan untuk membuat beras analog memiliki kandungan indeks glikemik atau kandungan glukosa yang umumnya lebih rendah dibandingkan beras padi.
Artinya, dengan mengonsumsi beras analog, kondisi kesehatan para penderita diabetes melitus diharapkan lebih stabil dan terjaga karena pada umumnya beras analog terbuat dari bahan baku yang rendah kadar indeks glikemiknya.
“Permasalahan harga jual masih menjadi kendala, padahal beras analog diharapkan menjadi salah satu diversifikasi pangan untuk mengurangi kebergantungan angka impor beras dalam negeri,” kata Fransiska yang juga merupakan anggota Komisi I Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN).
Source: Okezone.com
Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "IPB Ciptakan Beras Sintetis Bergizi dan Aman Dikonsumsi"

    Must read×

    Top