Propellerads

Inilah Tren Prodi Di Perguruan Tinggi Negeri

In Berita, Uncategorized
Propellerads
Inilah Tren Prodi Di Perguruan Tinggi Negeri– Setiap tahunnya semua perguruan tinggi maupun swasta membuka peneimaan mahasiswa baru. Namun bagi perguruan tinggi negeri penerimaan mahasiswa baru di program sedemkian rupa oleh pemerintah sehinggi pengetesannya sama, yaitu melalui SNMPTN dan SBMPTN.
Tahukah anda setiap perguruan tinggi negeri mempunyai keunggulan prodinya masing-masing setiap tahunnya atau bisa dikatakan prodi favorit dan setiap tahunya selalu berubah.
Untuk lebih jelasnya marilah kita simak (dikutip dari okezone.com) :
Foto Bangku Kuliah
Menurut Rektor Universitas Andalas (Unand), Werry Darta Taifur, pada 2014 jumlah pendaftar peminat baik SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) paling tinggi adalah prodi Manajemen. Kemudian, pilihan favorit berikutnya adalah Ilmu Hukum, Pendidikan Kedokteran, Akuntansi, Kesehatan Masyarakat dan Teknik Sipil. Sementara pada tahun-tahun sebelumnya, peminat paling tinggi selalu ada di prodi Pendidikan Kedokteran.
“Tetapi, yang paling tinggi angka keketatannya, yakni perbandingan antara yang mendaftar dengan yang diterima adalah prodi Ilmu Komunikasi sebanyak 1:65. Selanjutnya adalah prodi Administrasi Negara sebanyak 1:59 dan Manajemen sebanyak 1:51,” ujar Werry, saat dihubungi Okezone, belum lama ini.
Angka keketatan tersebut, Werry menambahkan, dipengaruhi oleh daya tampung yang tersedia. Misalnya, prodi Ilmu Komunikasi mempunyai daya tampung hanya 60 orang.
Di Institut Pertanian Bogor (IPB) tren prodi favorit adalah yang memiliki kekhususan bidang pangan. Menurut Wakil Rektor IPB, Hermanto Siregar, tren prodi favorit di kampusnya terdiri dari Pertanian, Teknologi Pangan, Manajemen dan Agribisnis. Siswa juga banyak memilih prodi Statistika, Ilmu Komputer, Ekonomi Syariah dan Kedokteran Hewan.
“Prodi Pertanian paling favorit di IPB karena merupakan jurusan spesialisasi dari IPB,” ungkap Hermanto.

Guru Besar Ilmu Ekonomi itu menambahkan, para siswa yang memilih prodi Pertanian di IPB agar fokus mempelajari bidang tersebut. Sementara jika ingin memilih jurusan teknik, maka siswa akan lebih banyak memilih Institut Teknologi Bandung (ITB) atau memilih PTN lain seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (Unair) untuk prodi lain.

Sedangkan tren prodi favorit tertinggi di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Inggris, Matematika, Manajemen, Teknik Informatika, dan Olahraga. Menurut Rektor UNY Rochmat Wahab, masyarakat memilih prodi-prodi tersebut karena mengetahui mutu pendidikan di kampusnya.
“Siswa banyak memilih PGSD karena prodi tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kualitas prodinya yang meningkat,” jelas Rochmat
Source: Okezone.com
Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "Inilah Tren Prodi Di Perguruan Tinggi Negeri"

    Must read×

    Top