Propellerads

Ini Dia Cara PTN Memilih Penerima Beasiswa Bidikmisi Tepat Sasaran

Propellerads
Penerima Beasiswa Bidikmisi tepat sasaran – Permasalahan beasiswa bidikmisi yang masih sulit diatasi adalah mengenai ketepatan sasaran penerima beasiswa bidikmisi. Banyak penerima bidikmisi yang ternyata berasal dari keluarga mampu. Menyikapi hal tersebut, Universitas Negeri Semarang (Unnes) mempunyai cara sendiri agar pihak universitas tidak salah sasaran memberikan beasiswa bidikmisi. Cara ini dianggap Unnes dapat memastikan penerima yang layak atau tidak untuk mendapatkan bidikmisi. 
Penerima Bidikmisi Tepat Sasaran
Cara yang dimaksud adalah dengan membentuk tim yang bertugas untuk melakukan survei ke lokasi calon mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi yang diterima melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Hal itu dimaksudkan untuk memastikan secara langsung kondisi pelamar bidikmisi sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadi pemalsuan data.

Baca Juga:  Jadwal Pendaftaran dan Pelaksanaan Seleksi Mandiri PTN Seluruh Indonesia

“Jangan sampai Bidikmisi salah sasaran, makanya dibutuhkan tim survei ke lokasi untuk memastikan beasiswa full study yang dikucurkan Kemenristekdikti tidak salah sasaran,” kata Bambang, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes, pada Sabtu (16/7/2016).

Bambang beserta tim survei Bidikmisi Unnes tidak hanya melakukan tanya jawab dengan keluarga, tetapi juga blusukan ke dalam rumah. Bambang berpesan agar calon mahasiswa yang lolos seleksi beasiswa Bidikmisi adalah siswa yang berprestasi.
Pertanyaan yang diberikan oleh Ketua Pengelola Bidikmisi Unnes, armin, biasanya berupa pekerjaan yang dilakukan, jumlah penghasilan, kekurangan dan kesulitan dalam membiayai sekolah, dan lain-lain.

Baca Juga:  DAFTAR BEASISWA S1 DALAM NEGERI UNTUK LULUSAN SMA/SMK

Contoh keluarga yang telah disurvei oleh Unnes adalah keluarga Pak Sarwanto. ”Saya sebagai pedagang cimplung (singkong manis) keliling. Kalau penghasilan saya tidak menentu, apalagi jika musim hujan, sampai-sampai saya tidak bisa berdagang. Ya pasti tidak cukup untuk membiayai kuliah anak saya, makanya saya berharap Fatoni mendapatkan beasiswa ini,” jawab Sarwanto ketika ditanya oleh tim survei Unnes.

Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "Ini Dia Cara PTN Memilih Penerima Beasiswa Bidikmisi Tepat Sasaran"

    Must read×

    Top