Propellerads

(HEBOH) PTN ini Mengharamkan Kegiatan OSPEK di Kampusnya!

Propellerads
UNSYIAH KUALA Banda Aceh Haramkan OSPEK- Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia sudah selesai menyelenggarakan proses Penerimaan Mahasiswa Baru atau biasa disingkat, baik itu yang serentak secara nasional (red: sbmptn, snmptn) maupun regional dan mandiri. Setelah selesai proses tersebut calon mahasiswa yang lolos akan langsung registrasi ke kampus masing-masing dan kemudian masuklah ke dunia orientasi kampus atau biasa dikenal dengan sebutan OSPEK.

Foto Ospek (Source: kaniavha000.wordpress.com)

Seperti yang telah kita ketahui, dahulu ospek di kampus-kampus indonesia masih akrab dengan namanya perploncoan. Tetapi seiring majunya jaman dan peradaban, perploncoan dalam ospek sudah mulai luntur, meskipun masih ada beberapa kampus yang menerapkannya.
Salah satu Perguruan Tinggi Negeri Favorit di pulau sumatera dan aceh, yaitu Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh melarang bahkan mengharamkan orienttasi pengenalan kampus/OSPEK bernuansa perpeloncoan oleh mahasiswa senior kepada juniornya. Nah, sebagai penggantinya, UNSYIAH menggantinya dengan menggelar Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru atau yang biasa disebut dengan sebutan Pakarmaru. Jika dibandingkan dengan OSPEK yang memilikidampak negatif bagi mahasiswa baru, Pakarmaru mempersiapkan karakter mereka agar siap memasuki dunia perkuliahan.
Rektor Unsyiah Profesor Samsul Rizal mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian dari pengenalan Unsyiah, khususnya yang terkait proses perkuliahan dan pembentukan karakter yang positif bagi mahasiswa.
“Para mahasiswa nantinya akan mendapatkan ulasan materi dari tokoh-tokoh hebat. Tahun sebelumnya, mahasiswa mendapat pembekalan langsung dari Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, serta pejabat pemerintah Aceh dan Unsyiah,” kata Samsul.
Ada juga kegiatan yang diisi badan eksekutif mahasiswa (BEM), unit kegiatan mahasiswa (UKM), dan motivasi dari Tim ESQ. “Melalui Pakarmaru mahasiswa juga diharapkan mampu mengenal kampus, baik mengenai kegiatan akademik yang bersifat kurikuler atau ekstrakurikuler,” imbuhnya.
Humas Unsyiah Ilham Maulana memaparkan, program yang sudah berjalan tiga tahun ini digelar melalui bidang kemahasiswaan di bawah Pembantu Rektor III, dan wajib diikuti mahasiswa baru. “Pelaksanaan Pakarmaru 2015 akan berlangsung selama tiga hari sejak 29–31 Agustus 2015, dan akan berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood Darussalam,” kata Ilham.
Kegiatan tahunan ini akan diikuti 12 fakultas di lingkungan Unsyiah yang dibagi atas tiga kelompok. Hari pertama akan diikuti mahasiswa dari fakultas ekonomi, fakultas hukum, fakultas pertanian, serta fakultas kelautan dan perikanan. Hari kedua dari fakultas teknik, FISIP, FMIPA, dan fakultas kedokteran gigi.
Sedangkan hari ketiga diikuti mahasiswa fakultas kedokteran, FKIP, fakultas kedokteran hewan, dan fakultas keperawatan. Mahasiswa yang lulus Pakarmaru nantinya akan mendapat sertifikat.
Source: Okezone.com

Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "(HEBOH) PTN ini Mengharamkan Kegiatan OSPEK di Kampusnya!"

    Must read×

    Top