Propellerads

Biaya Kuliah PTS vs Fasilitas Kampus. Sudah Sebandingkah?

Propellerads
Biaya Kuliah PTS vs Fasilitas Kampus. Sudah Sebandingkah?– Kuliah di perguruan tinggi swasta menjadi pilihan kedua kebanyakan calon mahasiswa di Indonesia. Selain karena masih jarangnya perguruan tinggi yang berkualitas di tanah air Indonesia ini, jua biaya di perguruan tinggi swasta lebih mahal jika dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri. Lalu berapa sih kisaran biaya yang mesti dibayar jika kita kuliah di perguruan tinggi swasta.
Evi Lutfiah, seorang mahasiswa Universitas Pancasila ini mengaku biaya kuliahnya sekarang lebih mahal jika dibandingkan kuliahnya dulu di IPB mengambil jenjang D3. Sekarang eva harus membayar Rp. 5jt/semester.
Beda dengan Dimitri, seorang mahasiswa Universitas Pancasila, ia membayar lebih banyak untuk menempuh studi di Jurusan Akutansi. “Biaya kuliah per semester sekira Rp6 juta,” ujarnya.
Di perguruan tinggi lain juga, mahasiswanya harus membayar biaya kuliah yang mahal. Misalnya Mediana, seorang mahasiswa Universitas Gunadarma, ia harus membayar 7 s/d 8 juta /semester. Mahal dan murahnya suatu kampus tergantung kampusnya juga sih, ujar mahasiswi UG jurusan Sistem Informatika tersebut.
Foto Mahasiswi (Source: belajarfotografiuntukpemula.com)
Meskipun harus membayar lebih mahal dibandingkan kampus lainnya, Mediana menilai, biaya yang dibayarkannya berbanding lurus dengan fasilitas yang disediakan oleh kampus. Misalnya di Universitas Gunadarma sudah dilengkapi dengan berbagai laboratorium pendukung perkuliahan, serta dosen-dosennya sangat berkualitas, tuturnya.
Namun hal yang dialami oleh mediana tidak sepenuhnya dialami oleh Evi dan Dimitri. Kampus yang mereka duduki, dari segi fasilitas sering terjadi masalah, terutama masalah AC rusak. Selain itu juga, kualitas dosen dan pengajarannya jauh berbeda dengan perguruan tinggi negeri. Jika dibandingka, dosen dari PTN lebih interaktif dan memiliki jiwa mengajar. Sedangkan di PTS tidak seperti itu. tutur dimitri.
“Kalau di kampus negeri, dosennya lebih interaktif dan memiliki jiwa mengajar. Sedangkan di kampus swasta enggak seperti itu. Jadi mahasiswanya juga enggak kebawa niat untuk belajar,” tambahnya.
Source: Okezone.com
Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "Biaya Kuliah PTS vs Fasilitas Kampus. Sudah Sebandingkah?"

    Must read×

    Top