Propellerads

AJAIB, TROLI PENGANGKUT KOPER INI BISA IKUTI PEMILIKNYA

Propellerads
Troli Hidup – Saat traveling atau mudik ke kampung halaman via pesawat, seringkali kita membawa barang atau oleh-oleh yang begitu banyak. Sehingga membuat kita kerepotan saat dibandara dan mengharuskan kita membawa troli pengangkut barang sampai 2 atau 3. Ribet, kan?
Penemu Troli Hidup
Dari masalah tersebut lah, lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), yaitu Adfiana Pramudaswari, Addy Rahmad Nurcahyo, Setio Imanulloh, Luhur Wasisa Adi Nugroho dan Rahmad Kurniawan, terinspirasi untuk menciptakan troli yang bisa mengikuti pemiliknya tanpa harus didorong-dorong. Ide yang luar biasa!
“Troli sangat membantu para calon penumpang pesawat di bandara untuk mengangkut barang bawaan. Namun, mereka harus mengerahkan tenaga karena troli harus terus didorong. Inilah yang melatarbelakangi kami untuk membuat ‘Koper Follower’ atau ‘Koplo’,” ujar Adfiana, dinukil dari laman UGM, Senin (13/6/2016).

Baca Juga:  BEASISWA S2 FULL DI JERMAN UNTUK MAHASISWA INDONESIA

Adfiana mengatakan, koplo ini dilengkapi dengan sebuah kamera yang diletakkan pada bagian sisi depan alat. Kamera ini gunanya untuk mengenali sang pemilik koper, sehingga koplo akan mengikuti kemana sang pemilik pergi. Selain itu, pemilik koper akan dipakaikan gelang kaki dan warna gelang sebagai acuan kamera agar alat ini dapat berjalan mengikuti pemilik gelang.

Saat ini, pengembangan koplo sendiri masih dalam bentuk prototype. Alat ini dioperasikan menggunakan remote control layaknya menggerakkan sebuah mobil remote control. Kendati demikian, koplo juga dapat digunakan dengan mode auto follow. Sedangkan sistem kendalinya menggunakan aplikasi smartphone.
“Secara garis besar alat ini tersusun atas sistem mikrokontroler (Arduino Mega, Kamera Pixy, Motor DC). Pada alat ini digunakan juga sebuah motor bekas power window. Alat ini dapat terus disempurnakan dengan tujuan kemanfaatan bagi masyarakat dapat terpenuhi,” tambah dosen pembimbing tim, Muhammad Arrofiq.

Baca Juga:  BEASISWA KALTIM CEMERLANG 2016

Wah, satu lagi nih prestasi anak bangsa yang patut kamu contoh. Dari masalah-masalah kecil seperti ini lah yang justru akan membuatmu mengeluarkan ide brilian dan tentunya ide tersebut harus dituangkan menjadi kenyataan sehingga dapat bermanfaat bagi orang banyak. Gunanya teknologi kan untuk membantu pekerjaan manusia, betul?

Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "AJAIB, TROLI PENGANGKUT KOPER INI BISA IKUTI PEMILIKNYA"

    Must read×

    Top