Propellerads

7 Fakta Unik ini Pasti Dirasakan Mahasiswa Jatinangor

Propellerads
Fakta Unik Mahasiswa Kampus JATINANGOR – Kawasan Jatinangor di kecamatan Sumedang, Jawa Barat, memang dikenal sebagai kawasan pendidikan. Hal itu tentunya bukan tanpa sebab. Sebutan kawasan pendidikan diberikan karena disana banyak berdiri perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), dan Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) . Hal ini membuat Jatinangor seringkali kebanjiran mahasiswa baru setiap tahunnya.
Kawasan Pendidikan Jatinangor
Bukan hanya mahasiswa asli Jawa Barat saja yang datang, tetapi tidak sedikit mahasiswa perantau yang berasal dari jauh. Agar dapat bertahan, tentunya mahasiswa baru ini harus cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Nah, berikut adalah 7 fakta unik tentang Jatinangor yang  harus diketahui mahasiswa baru agar dapat cepat beradaptasi.

Baca Juga:  Hindari 3 Warna Pakaian ini Saat Melamar Kerja

1. Tempat Tinggal

Tempat tinggal tentu mnejadi hal utama yang dicari para mahasiswa baru. Di Jatinangor, ada beragam tempat yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari tempat kos, komplek perumahan, hingga apartemen. Untuk tempat kos, harganya tentu bervariasi, sesuai dengan fasilitas, luas kamar, dan lokasinya. Jika ingin memilih komplek perumahan, ada tiga pilihan perumahan, yaitu Jatinangor City Park di Jalan Raya Jatinangor, Perumahan Puri Indah dan Perumahan Vinus di Jalan Kolonel Ahmad Syam atau yang biasa disebut Jalan Sayang. Sedangkan untuk apartemen, ada empat pilihan, yaitu Easton Park, Pinewood, Skyland City, dan Taman Melati Jatinangor.

2. Tempat Makan

Masalah ini juga tidak kalah penting. Namun jangan kahwatir, Di Jatinangor terdapat banyak layanan pesan antar makanan 24 jam yang cukup populer. Tempat makan yang memberikan jasa tersebut antara lain, Gemboel, Hipotesa, BKI, dan Munjul. Harga yang ditwarkan   berkisar Rp 10-20 ribu. Jika ingin mencari tempat makan disekitar kampus juga ada, yaitu di jalan menuju gerbang utama Unpad atau biasa disebut gerlam.

3. Sarana Kesehatan

Sebagai anak rantau, kesehatan tentu menjadi hal wajib yang harus diperhatikan. Jauh dari keluarga menuntut untuk bisa mengurus diri sendiri. Jika kesehatan memburuk, jangan khwatir. Di Padjajaran ada  beberapa tempat pengobatan seperti Klinik Padjadjaran di Unpad dekat gerbang baru dan Puskesmas. Di klinik Padjajaran, mahasiswa bisa mendapat potongan biaya dengan membawa Kartu Tanda Mahasiswa.

4. Perlengkapan Alat Tulis dan Percetakan

Mahasiswa pasti tidak akan lepas dari kebutuhan alat tulis, fotokopi, dan cetak-mencetak. Untuk kebutuhan fotokopi dan percetakan, tempat yang direkomendasikan adalah Copa Copy yang memiliki empat cabang di Jatinangor. Namun, hanya satu cabang yang buka 24 jam, yaitu Copa Copy di Jalan Sayang, di seberang Penginapan Gerkopin. Cabang lainnya berda di Jalan Raya Jatinangor di dekat pertigaan Kecamatan Jatinangor, Jalan Ciseke, dan sekitar 100 meter dari cabang pertama.

5. Sarana Transportasi

Jika ingin berpergian, transportasi umum yang sering digunakan untuk mobilitas mahasiswa di antarnya ada angkot cokelat dengan rute Sumedang-Cileunyi dan angkot hijau trayek Majalaya-Sayang-Gedebage. Selain itu, ada juga Bus Damri dengan rute Jatinangor-Dipatiukur dan Jatinangor-Elang. Alternatif bus berikutnya ada Bus Explore dengan rute Jatinangor-Cimahi. Pilihan transportasi lainnya adalah Tiyasa Trans dengan rute Jatinangor-Dipati Ukur, Geulis Travel dengan rute Jatinangor-Dipatiukur, dan  Arnes Shuttle dengan rute Jatinangor-Baltos.

Baca Juga:  4 Fenomena Unik SBMPTN yang Pasti Kamu Alami!

6. Tempat Perbelanjaan

Untuk mahasiswa yang suka belanja, ada empat tempat perbelanjaan yang dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pertama, Jatinangor Town Square atau biasa disebut Jatos di seberang Polsek Jatinangor. Jatos beroperasi setiap hari dari pukul 11.00 hingga 22.00W WIB. Kedua, pasar tradisional Jatinangor yang terletak di seberang hotel Jatinangor. Pasar beroperasi mulai pukul 5 pagi. Ketiga, Pasar Unpad (Paun) yang ada pada hari Minggu saja mulai subuh hingga sekitar pukul 13.00 siang. Keempat, toko serbaada Sabar Subur. Lokasinya berada di sebelah Bank BRI cabang Jatinangor. (amr)

7. Sarana olahraga

Olahraga enjadi kebuuthan agar tubuh tetap sehat. Ada beberapa tempat gratis yang disediakan untuk olahraga, seperti GOR Jati Unpad yang buka pukul 6.00-18.00 WIB. Gor ini memiliki trek lari dan lapangan sepak bola terbuka, juga ruangan tertutup. Untuk yang menginginkan pemandangan indah saat berlari, mengitari danau Arboretum di Unpad bisa jadi pilihan. Sedangkan untuk yang suka bermain basket, lapangan Masjid Raya Unpad dapat dijadikan tempat bermain.

Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "7 Fakta Unik ini Pasti Dirasakan Mahasiswa Jatinangor"

    Must read×

    Top