Propellerads

6 Etika Dasar yang Wajib Dimiliki Mahasiswa

In Kepo, Tips dan Trik, Uncategorized
Propellerads
Etika Dasar Mahasiswa – Dalam setiap pergaulan, pasti ada etika yang harus diketahui agar  mudah diterima dimanapun kita berada. Aturan etika ini selalu berbeda-beda, tergantung dimana dan dengan siapa kita bertemu. Terkadang perbedaan inilah yang seringkali membuat orang kurang tepat dalam menggunakan etika. Ditambah lagi, etika tidak pernah dimuat dalam aturan tertulis, sehingga tidak ada penjelasan pasti tentang etika yang harus digunakan disuatu tempat. Oleh karena itu, kemampuan diri untuk bersosialisai dan beradaptasi sangatlah penting agar terhindar dari penilaian sebagai orang yang tidak beretika.
Etika Mahasiswa (Sumber: alisungkar14.wordpress.com)

Sebagai seorang mahasiswa, etika adalah hal yang harus dipahami dengan benar. Hal itu disebabkan karena mahasiswa harus mampu beradaptasi di berbagai lingkungan dengan berbagai suku bangsa dan memahami etika yang berlaku di setiap tempat yang dikunjungi. Oleh sebab itu, agar tidak salah dan bingung dalam bergaul, berikut adalah etika dasar yang wajib dipahami setiap mahasiswa:

1. Etika saat Mau Makan Bareng Temen

Jangan gunakan kalimat ” Temenin makan yuk” jika kamu tidak ingin membayarkan makanan teman yang kamu ajak makan bersama. Lebih tepatnya, gunakan kaimat “Makan bareng-bareng yuk” sebagai ajakan untuk makan bersama, tetapi tetap bayar sendiri-sendiri.

2. Etika ketika berkunjung ke teman

Berkunjung ke rumah atau kosan teman adalah hal yang baik untuk lebih mengakrabkan diri. Tapi, jangan lupa untuk memberitahunya terlebih dahulu jika kamu akan berkunjung. Hal itu bertujuan agar temanmu lebih mempersiapkan diri untuk menyambut kedatanganmu. Setiap orang tidak selamanya dalam kondisi senggang untuk menyambut kedatangan orang lain.

Baca Juga:  Tips Magang Khusus Si Introvert

3. Etika menyimpang barang pribadi saat berkumpul

 Kebiasaan jika sedang berkumpul bersama teman adalah kita seringkali sembarangan menaruh barang pribadi seperti HP, dompet, dan lain-lain. Hal itu akan menjadi kecerobohan yang tidak menguntungkan. Bukan hanya berpotensi menjadi sasaran kejahatan, tapi bisa saja privasi kamu akan diketahui oleh teman yang iseng-iseng membuka HP dan dompetmu saat lengah.

4. Etika untuk mengajak ngedate

Ngedate atau jalan bareng memang menyenangkan, tapi bisa jadi membosankan jika satu sama lain asik dengan dunia sendiri. Misalnya malah main HP terus menerus padahal sedang duduk bareng.  Simpan sejenak dunia mayamu dan ingatlah ada orang di dunia nyata yang harus diajak ngobrol juga.

Baca Juga:  3 Sikap ini Bisa Membuat Masa Magangmu Sis-sia

5. Etika mengahadapi temannya teman

Ketika kamu sedang bersama dengan temanmu, mungkin sesekali teman kita menyapa orang lain yang dikenalnya. Pada saat seperti itu, jangan bersikap cuek hanya karena tidak mengenal temannya teman kita. Tapi, ikutlah untuk menyapanya juga. Hal itu akan membuat temannya teman kita juga respect dengan kita. Selain itu, hal itu juga bisa menambah teman baru.

6. Etika menjaga rahasia

Kedekatan seseorang dengan orang lain seringkali membuat ia merasa nyaman untuk menceritakan segalanya, bahkan hal yang seharusnya menjadi rahasianya saja. Jagalah kepercayaan itu. Jangan kembali mengshare apa yang temanmu ceritakan. Ia bisa sangat kecewa karena rahasianya disebarluaskan kepada orang lain. Simpanlah semua cerita yang temanmu ceritakan hanya untuk kamu dan temanmu sendiri, terutama yang menyangkut masalah kekayaan, hubungan keluarga, agama, masalah kesehatan, mantan atau selingkuhan,  prestasi, pemberian hadiah, dan bahkan hal-hal bersifat sangat pribadi yang memalukan.
Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "6 Etika Dasar yang Wajib Dimiliki Mahasiswa"

    Must read×

    Top