Propellerads

4 Tips Presentasi yang Wajib Diketahui Mahasiswa

Propellerads
Tips Presentasi Khusus Mahasiswa – Banyak orang yang seringkali mendadak gugup saat harus presentasi sehingga membuat presentasinya menjadi tidak lancar. Padahal, presentasi seringkali dijadikan tolok ukur untuk menilai kemampuan seseorang, terutama di dunia kerja dan kuliah. Memang bukan hal mudah agar presentasi yang dibawakan dapat menarik dan memikat perhatian audiens. Perlu latihan berulangkali agar terbiasa. Selain itu, ada juga beberapa tips jitu yang bisa dicoba  agar bisa membantu untuk memperlancar presentasi, yaitu: 
Mahasiswa Presentasi

1. Tampilkan pembawaan diri yang meyakinkan

Tunjukkan kepada audiens kesiapan untuk presentasi dengan cara menampilkan gestur yang meyakinkan. Badan yang tegap, tatapan mata yang mengarah ke audiens, suara yang lantang, dan gestur tubuh yang mantap, adalah beberapa pembawaan diri yang dapat membuat audiens tertarik untuk lebih memperhatikan presentasi. Kurangi penggunaan kata “emm…” dan pengulangan kata, karena itu akan menunjukkan ketidaksiapan dalam menyampaikan materi.

Baca Juga:  Tips Atasi Gugup saat Wawancara

2. Informasi yang valid dan Terstruktur

Pastikan keakuratan data yang disajikan saat presentasi. Presentasi yang baik adalah presentasi yang berisikan data yang sebenarnya. Jangan menggunakan desain dan slide yang berlebihan ketika sedang membuat presentasi. Tampilkan kumpulan data yang dilengkapi dengan fakta dan informasi yang relevan, sehingga orang-orang akan mengerti dan mengetahui dengan jelas hal  yang ingin disampaikan. Selain itu, gunakan sturuktur presentasi yang sistematis sehingga audiens mudah memahaminya.

3. Lengkapi presentasi dengan alur cerita

Lengkapi presentasi dengan menggunakan alur cerita yang bisa menggambarkan isi presentasi dengan baik. Selain itu, cerita jenaka juga bisa disisipkan ditengah presentasi agar mencairkan susasana dan mencegah kebosanan audiens. Diakhir presentasi dapat juga menambahkan cerita memorable yang akan membekas diingatan audiens.

Baca Juga:  5 Skill ini Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa Baru

4. Kenali Audiens

Ketika akan presentasi, ada baiknya mencari tahu terlebih dahu siapa audiens yang akan hadir. Hal itu akan membuat mudah menyesuaikan diri dengan audiens yang hadir, baik dari segi penyampaian materi, bentuk interaksi yang akan digunakan, dan lain-lain.
Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "4 Tips Presentasi yang Wajib Diketahui Mahasiswa"

    Must read×

    Top