Propellerads

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Menjadi Mahasiswa Komuter!

Propellerads
Mahasiswa Komuter– Tinggal di rumah kos, jauh dari orang tua, mengatur uang sendiri merupakanMAHASISWA identik dengan rumah kos. Tinggal jauh dari orangtua dan belajar mandiri. Meskipun dominannya seperti itu, tetapi ada kok mahasiswa yangbuka perantau, dan rumahnya berdekatan dengan kampus, atau masih terjangkau angkutan umum. Mereka biasa disebut dengan nama “Komuter”.
Foto Mahasiswa Komuter (source: news.okezone.com)
Cir-ciri Mahasiswa komuter ini selain rumahnya dekat dengan kampus alias gak ngkos, mereka juga suka nebeng di rumah saudaranya yang ada di dekat kampus (ya tentunya jaraknya lebih dekat saudaranya dibanding rumahnya). Selain jarak rumah yang dekat dengan kampus, salah satu lasan menjadi mahasiswa komuter adalah masalah biaya. Dengan cara tinggal di rrumah sendiri maupun nebeng di rumah saudara, mahasiswa komuter bisa menekan biaya pengeluaran untuk sewa kosan, dan tentunya biaya makan sehari-hari dan dapat dialihkan oleh biaya transportasi.
Jika kamu masih bingung, apakah kamu mau menjadi mahasiswa komuter atau mahasiswa kos. Kamu harus pertimbangkan beberapa poin penting dibawah ini!
1. Kampus
Jika beruntung mendapat kampus yang dekat dari rumah, pilihan tetap tinggal bersama orangtua memang paling logis. Meski mampu berhemat, ada beberapa hal yang membuat mahasiswa komuter tidak mampu merasakan nuansa tradisional kampus, khususnya pengalaman sebagai anak kos. Mahasiswa komuter juga sering kesulitan mendapat teman belajar, sebab biasanya anak kos akan berkumpul di sore dan malam hari untuk belajar bersama. Di waktu yang sama, bisa jadi mahasiswa komuter sudah harus mengejar transportasi umum menuju rumahnya.
2. Biaya transportasi
Sering kali, biaya transportasi untuk menjadi mahasiswa komuter cenderung lebih tinggi ketimbang menyewa kamar kos. Ongkos angkutan umum selalu naik seiring melambungnya harga bahan bakar. Jika menggunakan kendaraan sendiri, pengeluaran untuk membeli bensin pun akan meningkat. Belum lagi pos biaya parkir dan asuransi.
Sementara itu, mahasiswa kos terkadang cukup berjalan kaki ke kampus atau ke berbagai tempat pertemuan ekskul dan kelompok belajar. Selain lebih sehat karena dipaksa berolahraga setiap hari, budget untuk transportasi bisa ditabung atau dialihkan untuk keperluan lain, deh.
3. Pengalaman di luar perkuliahan
Tinggal di rumah orangtua atau saudara tentu membuat mahasiswa harus disiplin, misalnya soal waktu paling larut untuk tiba di rumah. Sedangkan jam malam di tempat kos biasanya tidak seketat yang diberlakukan di rumah sendiri. Tidak heran, banyak mahasiswa terbiasa hang out hingga larut malam. Belum lagi jika sibuk merencanakan kegiatan, bergadang di kampus sudah tidak aneh lagi.
Menginap di tempat teman bisa jadi salah satu solusinya. Tetapi, jika terlalu sering tentu akan menimbulkan perasaan tidak enak, apalagi jika menetap di rumah saudara. Akibatnya, mahasiswa komuter pun enggak bisa sering-sering menyetujui ajakan nonton midnight atau kumpul-kumpul sambil barbekyu di malam hari.
4. Tradisi kos atau asrama
Satu keasyikan tinggal di kos atau asrama adalah tradisi yang rutin dijalankan setiap tahun. Misalnya, kerja bakti, pesta penyambutan penghuni baru, masak dan makan bareng, hingga beribadah bersama. Nah, mahasiswa komuter tentu enggak akan merasakan keseruan tinggal bareng dengan puluhan teman di satu atap.
Ayo tunggu apalagi, silakan putuskan dari sekarang dan jangan lupa pertimbangankan baik buruknya!
Source: Okezone.com
Propellerads
author
Author: 
    carisponsor.id – Atasi Masalah dalam Mencari Sponsor
    Pedidikanindnesia.com – Masalah dalam mencari sponsor hampir
    BEASISWA STUNED – SHORT COURSE DI BELANDA FULL GRATIS
    StuNed – Short Course merupakan salah satu
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Pencipta Drone Tanpa Baling-Baling Pertama di Dunia Ternyata Remaja Asal Indonesia
    Penemu drone tanpa baling-baling – Perkembangan drone

    Leave a reply "4 Alasan Mengapa Kamu Harus Menjadi Mahasiswa Komuter!"

    Must read×

    Top